Minggu, 20 Januari 2013

UNIKNYA SEKATEN

Pintu Masuk Utama Sekaten
Pintu Masuk Utama SEKATEN
Sebelum bercerita tentang sekaten kita harus tau apa itu sekaten.

Sekaten atau upacara Sekaten (berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat syahadat) adalah acara peringatan ulang tahun nabi Muhammad s.a.w. yang diadakan pada tiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud (Rabiul awal tahun Hijrah) di alun-alun utara Surakarta dan Yogyakarta. Upacara ini dulunya dipakai oleh Sultan Hamengkubuwana I, pendiri keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam.
Pada hari pertama, upacara diawali saat malam hari dengan iring-iringan abdi Dalem (punggawa kraton) bersama-sama dengan dua set gamelan Jawa: Kyai Nogowilogo dan Kyai Gunturmadu. Iring-iringan ini bermula dari pendopo Ponconiti menuju masjid Agung di alun-alun utara dengan dikawal oleh prajurit Kraton. Kyai Nogowilogo akan menempati sisi utara dari masjid Agung, sementara Kyai Gunturmadu akan berada di Pagongan sebelah selatan masjid. Kedua set gamelan ini akan dimainkan secara bersamaan sampai dengan tanggal 11 bulan Mulud selama 7 hari berturut-turut. Pada malam hari terakhir, kedua gamelan ini akan dibawa pulang ke dalam Kraton. (Di kutip dari Wikipedia)


Itu tadi sedikit gambaran dari apa itu Sekaten. nah di atas ada gambar pintu masuk utama Sekaten, sebetulnya ingin masuk lewat manapun bisa saja, namun itulah gambaran pintu masuk utama Sekaten. 
Sekaten sendiri bisa di gambarkan seperti pasar malam pada dasarnya 
rumah burung
Salah satu permainan yang ada di sekaten
Namun sekaten lebih pareatif lagi, salah satunya adalah selalu ada pentas seni di setiap malamnya 



Di atas kita bisa lihat sedikit cuplikan di Panggung Kesenian Sekaten yang begitu menarik perhatian. Setiap malam panggung ini menyediakan acara yang berbeda-beda, mulai dari tarian daerah dari setiap daerah yang ada di indonesia indonesia sampai teater dan lain-lain. Pokoknya sangat menarik.

Dan satu lagi yang menarik dari Sekaten adalah di sekatenpun ternyata ada ancol. yang memamerkan pentas lumba-lumba dan aneka satwanya.  
Ancol di dalam Sekaten
Jadi yang udah jadi orang jogja ga usah tuh jauh-jauh ke jakarta buat maen ke ancol, tinggal dateng aja ke sekaten walaupun cuma ancol mini hehe..

 Oia buat yang punya motor atau mobil bagus dan pengen ke sekaten ga usah khawatir akan tempat parkirnya, tempat parkir disini sudah di set dengan sedemikian rupa. Mulai dari parkir di pinggir jalan sampe parkir yang di masukin ke dalam rumah 

Jadi disini sangat aman dan insya allah tak akan ada hal yang tak di inginkan terjadi.

Tapi di himbau jika masuk ke dalam keramaian janganlah terlalu memakai pakaian atau perhiasan yang mencolok, menyimpan dompetpun simpanlah dengan baik. walaupun jogja di juluki berhati nyaman. Pencurian, pencopetan ataupun penjambretan masih bisa saja terjadi walau memang kecil persentasenya.

Terakhir, jangan sampe ga pernah tuh namanya masuk ke sekaten. Apalagi para perantau, rugi banget kalau yang belum pernah ke sekaten. di jamin ga bakalan nyesel lah kalau masuk ke sana, jajananpun murah-murah gan, dari mulai martabak, kue, popcorn, kentang muter-muter, ampe kerak telor dan mulai dari perabotan masak yang sepuluh ribu tiga ampe daleman sepuluh ribu tiga #amazing



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More